Friday, October 2, 2009

Masashi Kishimoto

Buat penggemar Manga (komik Jepang) atau Anime (film Kartun Jepang) pasti pernah mendengar yang namanya Naruto. Di Indonesia, komiknya telah beredar sejak beberapa tahun lalu. Kamu bisa dapatkan di toko-toko buku terkemuka seperti Gramedia, atau banyak juga di toko buku online. Serial TV naruto juga sudah beberapa tahun disiarkan di Indonesia. Seingat Engi, yang pertama kali menyiarkan itu Trans TV (Naruto kecil tuh), trus tahun ini di Indosiar menayangkan Naruto Shippuden, belum kelar penayangannya sudah diambil alih oleh Global TV sejak bulan September lalu dengan menayangkan serial Naruto dari awal hingga Shippuden. Kalo di Jepang sana sampai saat ini Naruto Shippuden masih tayang.

Begitu mendunianya cerita Naruto ini sampai filmnya telah didubbing dalam beberapa bahasa, diantaranya Bahasa Inggris, Italia, Portugis, dan Indonesia tentunya. Sebuah kisah yang bagus dan menghipnotis, aku yakin dilahirkan oleh seorang komikus yang menurutku jenius! Kisahnya secara keseluruhan, plotnya, karakternya, semuanya terasa begitu nyata. Sang komikus jenius itu bernama Masashi Kishimoto (岸本 斉史, Kishimoto Masashi?), yang belum tau wajahnya silahkan dilihat foto yang berikut^_^



Engi comment "Culun yak orangnya:D"

Kalo dilihat dari wajahnya sih terlihat masih berumur 20-an, tapi ternyata udah berumur 35th wah.. awet muda ya? Masashi punya saudara kembar bernama Seishi Kishimoto yang juga seorang komikus, dan juga kreator serial manga 666 Satan dan Blazer Drive. Kishimoto lahir di kota Katsuta (Okayama, Jepang) pada 8 November 1974. Kishimoto mulai menggambar sejak usia muda. Sementara kuliah di Art Colege, dia menciptakan manga berjudul "Karakuri" tahun 1995 yang kemudian memenangkan Hot Step Award (Penghargaan bulanan yang diberikan Shonen Jump untuk kartunis amatir). Setelah lulus dari Art College, Kishimoto bekerja keras menghasilkan manga selanjutnya "Naruto" yang kemudian dipublikasikan oleh Akamaru Jump. Dua tahun berkarya, versi final Naruto dipublikasikan di Shonen Jump mingguan pada tahun 1999 dan menjadi serial Naruto yang kamu ketahui sekarang ini.

 Kalo kamu pengen tau versi awal dari gambar Naruto,kayak gini neh...

 
Mas Kishimoto pada awal pengerjaannya, ingin membuat karakter seunik mungkin. Karakter Naruto dipengaruhi oleh karakter Son Goku, tokoh protagonis dari serial Dragon Ball yang energik dan nakal. Untuk melengkapi karakter Naruto, Kishimoto menciptakan tokoh Uchiha Sasuka yang cool dan jenius. Dia juga menciptakan karakter Haruno Sakura yang energik dan genit. Tiga karakter ini yang menjadi tiga tokoh utama dalam tim Naruto. Tapi menurut Kishimoto karakter favoritnya adalah Sasuke, satu karakter yang katanya sulit dalam penggambarannya.

Ketika menciptakan setting Manga Naruto, dia berkonsentrasi pada desain desa Konohagakure (desa konoha/leaves village) sebagai setting utama serial ini. Menurut kishimoto, desain Konohagakure diciptakan dengan cara yang cukup spontan tanpa banyak berpikir, tetapi pemandangan yang ditampilkan berdasarkan pemandangan di perfektur Okayama, tempat tinggalnya.Kishimoto menciptakan Konohagakure tanpa menyebutkan waktu dan tempat yang spesifik di dunia nyata.

Karya Manga yang Kishimoto pernah buat:
* Karakuri one-shot (1995, pemenang Hot Step Award )
* Naruto pilot (1997, diterbitkan di Akamaru Jump)
* Karakuri (April 1998 - May 1998, serial di Weekly Shonen Jump)
* Naruto (November 1999 - on going, diterbitkan di Weekly Shonen Jump)

Sumber : wikipedia, narutohq



No comments:

Post a Comment